Jumat, 06 Mei 2011

BAB XII MONOPOLI


Struktur pasar yang sangat bertentangan ciri-cirinya dengan persaingan sempurna adalah pasar monopoli. Monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu firma saja dan firma ini menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang pengganti yang sangat dekat.
Ciri-ciri pasar monopoli
  1. Pasar monopoli adalah industri satu firma
Dilihat dari definisi monopoli, maka hanya ada satu firma dalam industri tersebut. Konsumen tidak mempunyai pilihan lain apabila mereka menginginkan barang tersebut maka mereka harus membeli di firma tersebut.
  1. Tidak mempunyai barang pengganti yang mirip
Barang yang dihasilkan firma monopoli tidak dapat digantikan oleh barang lain yang ada dipasar. Barang tersebut merupakan satu-satunya jenis barang yang seperti itu dan tidak terdapat barang mirip (close sutitute) yang dapat menggantikan barang tersebut.
  1. Tidak terdapat kemungkinan untuk masuk ke dalam industri
Sifat ini merupakan sebab utama yang menimbulkan firma yang mempunyai kekuasaan monopoli. Ada beberapa hambatan untuk masuk ke dalam monopoli, ada yang bersifat legal, yaitu dibatasi undang-undang, ada yang bersifat teknologi, yaitu teknologi yang digunakan sangat canggih dan tidak mudah dicontoh, dan ada pula yang bersifat keuangan, yaitu modal yang diperlukan sangat besar.
  1. Dapat menguasai penentuan harga
Oleh karena firma monopoli merupakan satu-satunya penjual di dalam pasar, maka penentuan harga dapat dikuasainya. Oleh sebab itu firma monopoli dipandang sebagai penentu harga atau price setter.
  1. Promosi iklan kurang diperlukan
Oleh karena firma monopoli adalah satu-satunya firma di dalam industri ia tidak perlu melakukan promosi penjualan secara iklan. Ketiadaan saingan menyebabkan semua pembeli yang memelukan barang yang diproduksikannya terpaksa membeli dari firma monopoli.

Faktor-faktor yang menimbulkan monopoli
  1. Memiliki sumber daya yang unik
Salah satu sumber penting dari adanya monopoli adalah pemilikan suatu sumber daya yang sangat unik (istimewa) yang tidak dimiliki oleh orang atau perusahaan lain. Satu contoh yang jelas dalam hal ini adalah “suara emas” dari seorang penyanyi atau kemampuan luar biasa oleh seorang pemain sepakbola. Didalam kegiatan ekonomi, monopoli dapat berlaku apabila sesuatu firma menguasai seluruh atau sebagian besar bahan mentah yang tersedia.
  1. Terdapat skala ekonomis
Dalam abad ini perkembangan teknologi sangat pesat sekali. Di berbagai kegiatan ekonomi tingkat teknologi adalah sedemikian modernnya sehingga produksi yang efisien hanya dapat dilakukan apabila jumlah produksinya besar sekali.
  1. Kekuasaan monopoli yang diperoleh melalui peraturan pemerintah
Di dalam undang-undang pemerintah yang mengatur kegiatan perusahaan-perusahaan terdapat beberapa peraturan yang akan mewujudkan kekuasaan monopoli. Peraturan yang seperti itu adalah (1) peraturan paten dan hak cipta (copy rights) dan (2) hak usaha eksklusif (exclusive franchise) yang diberikan kepada perusahaan umum.
  1. Peraturan paten, dan hak cipta (copy right)
Agar usaha mengembangkan teknologi dengan tujuan untuk menciptakan barang baru atau memperbaiki mutu barang lama akan memberikan keuntungan kepada perusaahaan, haruslah pemerintah melarang kegiatan penjiplakan. Langkah seperti ini dilakukan dengan memberikan hak paten kepada perusahaan yang mengembangkan barang baru. Hak cipta adalah juga hak paten yang merupakan jaminan hukum untuk menghindari penjiplakan.
  1. Hak usaha eksklusif
Apabila skala ekonomis hanya akan diperoleh perusahaan setelah perusahaan itu mencapai tingkat produksi yang sangat tinggi, kepentingan umum akan dimaksimumkan apabila perusaahaan diberi kesempatan untuk menikmati skala ekonomis itu, dan pada waktu yang sama diharuskan menjual produksinya dengan harga yang rendah. Untuk menciptakan keadaan seperti ini secara pemerintah harus menjalankan dua langkah: (1) memberikan hak monopoli kepada suatu perusahaan dalam suatu kegiatan tertentu dan (2) menentukan harga/tarif yang rendah atas barang dan jasa yang diproduksikan perusahaan itu.

Monopoli dan diskriminasi harga
Ada kalanya firma monopoli untuk menjual barangnya di dalam dua pasar yang berbeda sifatnya. Sebagai akibatnya sifat permintaan di kedua pasar itu juga sangat berbeda. Untuk memaksimumkan keuntungannya firma monopoli dapat menjalankan kebijakan diskriminasi harga. 
 
Syarat-syarat diskriminasi harga
  1. Barang tidak dapat dipindahkan dari satu pasar ke pasar lainnya
  2. Sifat barang atau jasa itu memungkinkan dilakukan pembedaan harga
  3. Sifat permintaan dan elastisitas permintaan di masing-masing pasar haruslah berbeda
  4. Kebijakan diskriminasi harga tidak memakan ongkos yang melebihi keuntungan dari kebijakan tersebut
  5. Produsen dapat mengeksploiter beberapa sikap tidak rasional konsumen
Contoh-contoh kebijakan diskriminasi harga
  1. Kebijakan diskriminasi harga oleh perusahaan monopoli pemerintah.
misalnya perusahaan listrik negara menggunakan tarif yang berbeda untuk listrik yang dipakai rumah tangga dan yang dipakai perusahaan.
  1. Kebijakan diskriminasi harga oleh jasa-jasa profesional
  2. Kebijakan diskriminasi harga di pasar international 

    Silahkan isi komentar untuk presensi paling lambat pukul 17.00 WITA, jangan lupa cantumkan nama. Untuk materi selanjutnya hari Sabtu tgl 14 Mei 2011. jika ada pertanyaan silahkan via email ke safitri_131311@yahoo.com. Terima Kasih

    Referensi Buku

    Sukirno Sadono, 1994, Pengantar Teori Mikro Ekonomi, Edisi kedua, University Malaya, Kuala Lumpur.

     

12 komentar:

  1. ass.
    bu ini saya sudah buka materi kuliahnya

    BalasHapus
  2. ass. bu sya sudah bca+coppy materi kuliahnya.
    maksih bu...
    ^_^

    BalasHapus
  3. saya sdah ambil bahan kuliahnya

    BalasHapus
  4. sayasudah buka blognya bu...

    BalasHapus
  5. saya suudah mengambil bahan kuliahnya bu.

    BalasHapus
  6. ass....
    buu...,materinya sudah saya copy..,maksih bu..
    :)

    BalasHapus
  7. Ass.
    Terima kasih atas kerja samanya...
    Lanjutkan informasi ini ke teman2 yang lain yang belum mengambil materi ini.
    Bantu temannya apabila ada yang merasa kesulitan dalam perkuliahan online ini.
    Selamat belajar
    Wass.

    BalasHapus