Jumat, 17 Juni 2011

Lanjutan Oligopoli


Bentuk Hambatan oligopoli
Terdapat jumlah perusahaan yang terbatas di dalam pasar merupakan suatu bukti yang nyata bahwa perusahan-perusahaan baru adalah sangat sukar untuk masuk ke pasar oligopoli. Faktor-faktor penting yang menyebabkan sulit masuk pasar oligopoli adalah:
  1. Skala ekonomis
  2. Perbedan ongkos produksi
  3. Sifat-sifat produksi yang mempunyai keistimewaan yang sukar dimbangi oleh perusahaan baru.
Skala ekonomis
Skala ekonomis yang dinikmati oleh perusahaan yang terdapat dalam pasar oligopoli dapat menjadi penghambat yang sangat penting kepada perusahaan baru untuk masuk ke dalam industri tersebut. Makin besar jumlah penjualan perusahaan oligopoli tersebut, maka akan seakin efisien kegiatan memproduksinya. Ini akanmenyulitkan masuknya perusahaan baru.
Perbedaan ongkos produksi
yang dijelaskan di atas adalah ongkos produksi per unit yang berbeda sebagai akibat dari tingkat (jumlah) produksi yang berbeda. Di samping itu ongkos produksi dapat pula berbeda sebagai pada tingkat produksi yang sama. Biasanya pada setiap tingkat produksi, ongkos produksi per unit harus dikeluarkan perusahaan baru adalah lebih tinggi dari perusahaan lama.
Terdapat banyak faktor yang menimbulkan kecenderungan perbedaan ongkos produksi tersebut, yang terpenting ialah (a) perusahaan lama dapat menurunkan ongkos produksi sebagai akibat pengetahuan yang mendalam mengenai kegiatan memproduksi yang dikumpulkan dari pengalaman masa lalu. (b) para pekerjanya sudah lebih berpengalaman di dalam mengetjakan pekerjaan mereka, dan ini menaikkan produktivitas pekerja, yang selanjutnya memungkinkan penurunan ongkos produksi. (c) perusahaan lama sudah di kenal oleh bank, dan para penyedia bahan mentah dan oleh karenanya dapat memperoleh kredit yang lebih dan bahan mentah yang lebih murah.
Keistimewaan hasil produksi
Keistimewaan yang dimiliki oleh barang yang diproduksikan oleh perusahaan lama merupakan sumber lain yang dapat menghambat masuknya perusahaan baru.. keistimewaan ini dapat dibedakan dalam beberpa bentuk, yang pertama ialah karena barang tersebut sudahsangat terkenal (product recognition), dan masyarakat sudah menaruh kepercayaan yangsangat tinggi atas barang tersebut. Tanpa dapat menawarkan barng lain yang jauh lebih baik dari barang yang dikenal masyarakat ini, perusahaan baru akan mengalami kesukaran untuk bersaing dengan baik di pasaran.
Keistimewaan yang kedua adalah apabila barang tersebut sangat rumit (product complexity), yaitu ia terdiri dari komponen-komponen yang banyak sekali sehingga sukar membuat dan memperbaikinya. Barang trsebut antara lain mobil, televisi, kulkas dan lain-lain. Menyebabkan tiak semua orang mempunyai modal dapat mauk dalam perushaan tersebut.
Selanjutnya keistimewaan lain yang mungkin dimiliki oleh perusahaan oligopolis adalah ia memproduksikan berbagai barang yang sejenis. Kalau ia produsen rokok, maka yang diproduksikannya berbagai bentuk dan jenis sehingga dapat menyediakan berbagai jenis roko dengan citarasa yang berbeda-beda. Dengan cara ini pasarannya meliputi golongan masyarakat yang lebih banyak, sehingga menyulitkan perusahaan baru memasuki pasar oligopoli.



TUGAS PENGGANTI MID TEST

Buat makalah tentang pasar, pilih salah satu pasar yang sudah diberikan materinya
Makalah diketik rapi dan dikirimkan via email : safitri_131311@yahoo.com, dengan format word, ukuran font 12 times new roman, spasi 1,5.
Isi materi yang dibuat sumbernya diperbolehkan dari mana saja selain dari materi yang pernah diberikan.
Batas pengumpulan tanggal 25 Juni 2011 pukul 17.00 WITA.








14 komentar:

  1. Dear students,
    materi ini materi yang terakhir, apabila saya berikan materi lagi hanya berupa tambahan. Sehingga untuk pertemuan selanjutnya berupa tugas.

    Untuk Mid saya berikan tugas pengganti.

    selamat mengerjakan.

    BalasHapus
  2. Ass. fine thanks bu,, atas materi dan tugasnya.

    BalasHapus
  3. makasih...,buuuu..,bisa dipaketin tugasnya ni bu?heheh..becanda bu.

    BalasHapus
  4. hadir buuu..,dari rina rosdiana.
    saya hadir juga bu...,dari dewi susanti.

    BalasHapus
  5. hadir buu...,makasih tugasnya buu..

    BalasHapus
  6. makasih buuuuu tugasnya.....

    BalasHapus
  7. ass. bu maksih materi dan infonya...
    insyaAllah tugasnya akan sya kmplkan segra..
    :)

    BalasHapus
  8. ass bu sya adekantari,sy hadir bu......mf bu sya krim lewat imail teman krna imail saya nda bsa dibuka.

    BalasHapus
  9. Adekantari: OK..saya mengerti...memang terkadang ada hambatan yang tidak terduga...
    ALL Students : Terimakasih atas kerjasamanya...
    Jangan lupa tugas harus dikumpulkan sesuai dengan deadlinnya ...saya tunggu...karena tugas ini sangat mempengaruhi nilai.

    BalasHapus