Jumat, 03 Juni 2011

Bab XIV OLIGOPOLI



Pembahasan mengenai bentuk-bentuk pasar akan diakhiri dalam bab ini dengan menguraikan tentang pasar oligopoli, yaitu pasar yang terdiri dari hanya beberapa produsen saja. Ada kalanya pasar oligopoli terdiri dari dua perusahaan saja, pasar tersebut dinamakan duopoli.
Menerangkan tentang sikap seorang pengusaha di didalam pasar oligopoli adalah lebih sukar daripada menerangkan sikap pengusaha di pasar-pasar lainnya. Ini disebabkan karena tidak terdapat keseragaman dalam sifat-sifat berbagai industri dalam pasar oligopoli. Kelakuan firma akan sangat berbeda apabila dalam pasar hanya ada tiga firma, dengan apabila dalam pasar terdapat lima belas perusahaan. Juga kelakuan firma akan berbeda apabila firma tersebut bersepakat untuk membuat perjanjian membagi-bagi pasar dengan apabila tidak terdapat kesepatan.
Seterusnya sebagian lainnya menghasilkan barang yang sangat sama (identical). Tetapi ada pula firma-firma dalam oligopoli yang menghasilkan barang-barang berbeda corak. Akhirnya sebgai akibat dari jumlah firma yang sangat sedikit, kegiatan setiap firma adalah sangat dipengaruhi oleh kegiatan firma lainnya di dalam industri yang sama. Didalam bertindak setiap firma harus terkebih dulu mempertimbangkan dan menduga reksi firma lain atas tindakan yang kan dijalankannya.
CIRI –CIRI PASAR OLIGOPOLI
  1. Menghasilkan barang standard atau barang berbeda corak
Ada kalanya perusahaan dalam pasar oligopoli menghasilkan barang standard (standardized product). Industri dalam pasar oligopoli yang demikian banyak sifatnya banyak dijumpai dalam industri yang menghasilkan bahan mentah seperti industri baja dan alumunium dan industri bahan baku seperti industri semen dan bahan bangunan. Di samping itu banyak pula pasar oligopoli yang terdiri dari perusahaan-perusahaan yang menghasilkan barang berbeda corak (differentiated product). Barang seperti itu pada umumnya menghasilkan barang akhir. Contoh dari pasar oligopoli yang menghasilkan barang akhir adalah mobil dan truk, industri rokok, industri pesawat terbang dan sebagainya.
  1. Kekuasaan menentukan harga ada kalanya lemah dan adakalanya sangat tangguh
Dari dua kemungkinan ini, yang mana yang akan terwujud tergantung pada kerjasama antara firma-firma dalam pasar oligopoli. Tanpa ada kerjasama kekuasaan menentukan harga menjadi lebih terbatas.
  1. Pada umumnya perusahaan oligopoli perlu melakukan promosi iklan
Iklan secara terus-menerus sangat diperlukan oleh perusahaan oligopoli yang menghasilkan barang yang berbeda corak. Kegiatan promosi secara iklan aktif adalah untuk dua tujuan, yaitu: menarik pembeli baru dan mempertahankan pembeli lama

BENTUK-BENTUK HAMBATAN MASUK DALAM PASAR OLIGOPOLI
Terdapat jumlah perusahaan yang terbatas di dalam pasar merupakan suatu bukti yang nyata bahwa perusahan-perusahaan baru adalah sangat sukar untuk masuk ke pasar oligopoli. Faktor-faktor penting yang menyebabkan sulit masuk pasar oligopoli adalah:
  1. Skla ekonomis
  2. Perbedan ongkos produksi
  3. Sifat-sifat produksi yang mempunyai keistimewaan yang sukar dimbangi oleh perusahaan baru.
Skala ekonomis
Skala ekonomis yang dinikmati oleh perusahaan yang terdapat dalam pasar oligopoli dapat menjadi penghambat yang sangat penting kepada perusahaan baru untuk masuk ke dalam industri tersebut. Makin besar jumlah penjualan perusahaan oligopoli tersebut, maka akan seakin efisien kegiatan memproduksinya. Ini akanmenyulitkan masuknya perusahaan baru.
Perbedaan ongkos produksi
yang dijelaskan di atas adalah ongkos produksi per unit yang berbeda sebagai akibat dari tingkat (jumlah) produksi yang berbeda. Di samping itu ongkos produksi dapat pula berbeda sebagai pada tingkat produksi yang sama. Biasanya pada setiap tingkat produksi, ongkos produksi per unit harus dikeluarkan perusahaan baru adalah lebih tinggi dari perusahaan lama.
Terdapat banyak faktor yang menimbulkan kecenderungan perbedaan ongkos produksi tersebut, yang terpenting ialah (a) perusahaan lama dapat menurunkan ongkos produksi sebagai akibat pengetahuan yang mendalam mengenai kegiatan memproduksi yang dikumpulkan dari pengalaman masa lalu. (b) para pekerjanya sudah lebih berpengalaman di dalam mengetjakan pekerjaan mereka, dan ini menaikkan produktivitas pekerja, yang selanjutnya memungkinkan penurunan ongkos produksi. (c) perusahaan lama sudah di kenal oleh bank, dan para penyedia bahan mentah dan oleh karenanya dapat memperoleh kredit yang lebih dan bahan mentah yang lebih murah.

Dikutip dari:

Sukirno Sadono, 1994, Pengantar Teori Mikro Ekonomi, Edisi kedua, University Malaya, Kuala Lumpur.

11 komentar:

  1. Semangat Pagi.....

    Meskipun hari yang sangat padat tetapi ibu sempatkan untuk posting materi terakhir untuk pembahasan mengenai pasar.
    Silahkan materi ini dipelajari dan apabila ada tambahan akan ibu berikan pengumumannya.

    Tugas yang ibu berikan kemarin merupakan uji coba pemberian tugas melalui media internet, tetapi masih banyak mahasiswa yang belum berpartisipasi. Pada tugas selanjutnya diharapkan semua mahasiswa dapat berpatisipasi dan mengumpulkan tugasnya.


    Terimakasih atas doanya...tetep kompak yaaa....
    salam kangen semuaaa....

    BalasHapus
  2. mksih materinya bu,,,
    maaf klau tgas yang kmrin belm bisa kami selesaikan dngan baik, sya dan tmn" akan brsha untuk lbh baik k dpannya

    BalasHapus
  3. insyaallah qt smua akan slalu kompak bu....
    dan materinya udah di save... trimakasih....

    BalasHapus
  4. makasih bu atas materi kuliahnya......

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. ass. maksih materinya bu...

    BalasHapus
  7. y bu. . . .sama2. . . .n materix udah sya trima. . . .n sya akn mngingatkan pda tmn2 yg leanx jg agr sllu kompak. . . .
    n moga ibu shat2 j dsna. . .skali lgi trima kasih. . .:)

    BalasHapus
  8. Terimaksih bu atas materinya..
    Oya buuu…,kenapa tidak dilampirkan nama mahasiswa yang sudah mengirimkan tugasnya,jadi bisa saya tahu siapa yang belum mengirimkan tugasnya,agar saya bisa konfirmsikan sama mahasiswa yang belum mengirimkan tugasnya…

    BalasHapus
  9. ass. bu sya hadir dan materinya sdah sya ambil

    BalasHapus
  10. terima kasih bu.....materinya udah saya baca

    BalasHapus